Silabus Pendidikan Aqidah Dan Akhlak


وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

No
PERTEMUAN
KE
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL PERKULIAHAN
1
2
3
4
5
1
I
Mahasiswa memahami tujuan dan kompetensi dari perkulaiahan, ruang lingkup materi, pendekatan, dan tugas-tugas perkuliahan
Pendahuluan (pengantar perkuliahan)
1.      Memahami tujuan perkuliahan
2.      Memahami kometensi-kompetensi yang diharapkan dalam erkuliahan.
3.      Memahami lingkup / skop materi perkuliahan.
4.      Memahami pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam pendidikan aqidah.
5.      Memahami tugas-tugas perkuliahan.

2
II
Mahasiswa memahami pengertian pendidikan aqidah dan manfaat mempelajarinya.
1.      Pengertian pendidikan aqidah dan manfaat mempelajarinya.
2.      Aqidah tauhid merupakan philosophy of life
1.      Memahami pengertian pendidikan aqidah secara benar dan tepat.
2.      Memahami urgensi aqidah sebagai prinsip dalam kehidupan.
3.      Memahami berbagai manfaat mempelajari aqidah.
3
III

Mahasiswa memahami pendidikan (eksistensi dan essensi) aqidah tauhid dalam pembinaan kepribadian.
Eksistensi dan hakiki aqidah tauhid.
1.      Memahami perlunya pembinaan jati diri dalam kehidupan yang didasarkan pada aqidah.
2.      Memahami aqidah tauhid merupakan jati diri (fitrah) manusia sendiri yang perlu dikembangkan.
3.      Memahami aqidah tauhid sebagai waslat agama Allah yang dapat membawa manusia kepada kebahagiaan lahir bathin dari dunia sampai akhirat.
4
IV

Mahasiswa memahami keterkaitan antara aqidah, syari’at, dan akhlak.
Hubungan antara aqidah, syari’at dan akhlak.
1.      Memahami hubungan yang tak terpisahkan antara aqidah, syari’at dan akhlak sebagai tiga sendi ajaran Islam.
2.      Memahami dengan sadar untuk mengamalkan ketiga sendi ajaran Islam tersebut.
3.      Memahami dalil-dalil aqli dan naqli tentang ketiga sendi ajaran Islam tersebut.
5
V

Mahasiswa memahami fungsi wahyu dan akal dalam permasalahan aqidah.
Fungsi wahyu dan akal dalam memahami aqidah.
1.      Memahami fungsi wahyu dan kemampuan akal untuk menetapkan / menemukan kebenaran aqidah.
2.      Mampu memahami mengembangkan kebenaran yang bersumber dari wahyu dan akal dalam membina kehidupan pribadi dan kehidupan masyarakat.
6
VI

Mahasiswa memahami tentang permasalahan iman, kufur, syirik, dan murtad.
Permasalahan Iman, kufur, nifaq, syirik, dan murtad.
1.      Memahami pengertian iman dan dalil-dalil aqli dan naqli tentang rukun Iman serta perlunya untuk mengembangkannya dalam kehidupan kepribadian dan kemasyarakatan.
2.      Memahami pengertian kufur, nifaq, syirik, dan murtad dan membuang jauhjauh dari kehidupan kepribadian dan kehidupan masyarakat.
3.      Memahami asumsi-asumsi dasar perlunya pengembangan iman dan menyingkirkan sifat-sifat negatif (kufur, nifaq, syuirik, dan murtad) dalam kehidupan pribadi dan masyarakat.
7
VII
-
MIDDLE TEST
-
8
VIII

Mengetahui dan memahami sejarah akhlak, baik dalam persfektif agama Islam maupun di luar agama Islam
Sejarah perkembangan ilmu akhlak.
1.       Dapat menerangkan sejarah akhlak dari agama Islam dan di luar  agama Islam.
2.       Dapat menunjukkan karakteristik akhlak pada agama Islam dan di luar agama Islam.
9
IX

Mengetahui dan memahami konsep dasar tentang etika, moral, dan susila.
Etika, moral dan susila.
1.       Dapat mendefinisikan pengertian etika, moral dan susila.
2.       Dapat mengidentifikasikan karakteristik dari etika, moral dan susila.
3.       Dapat membedakan pengertian tersebut.
10
X

Mengetahui dan memahami berbagai konsep dasar tentang kebebasan tanggung jawab dan hati nurani.
Kebebasan, tanggung jawab dan hati nurani.

1.       Dapat mengkorelasikan antara kebebasan, tanggung jawab dan hati nurani.
2.       Dapat memberikan argumen dan contoh ketiga konsep tersebut dalam kehidupan.
11
XI

Mengetahui dan memahami konsep dasar tentang hak, kewajiban dan keadilan.
Hak, kewajiban dan keadilan.

1.       Dapat mendefinisikan pengertian hak, kewajiban dan keadilan.
2.       Dapat membedakan ketiga konsep tersebut.
3.       Dapat memberikan contoh konsep tersebut dalam kehidupan.
12
XII

Mengetahui dan memahami arti, ruang lingkup dan induk akhlak Islami serta Mengetahui dan memahami mengenai kedudukan akhlak seorang muslim.
Akhlak Islami dan Akhlak Muslim

1.       Dapat memberikan penjelasan tentang arti dan ruang lingkup akhlak Islami.
2.       Dapat menyimpulkan materi yang disajikan dengan bahasa sederhana.
3.       Dapat menerangkan dan menjelaskan arti dan kedudukan akhlak seorang muslim.
4.       Dapat menyimpulkan arti dan kedudukan akhlak seorang muslim.
13
XIII

Mengetahui dan memahami konsep dasar tentang pembentukan akhlak yang terpuji / mulia.
Pembentukan akhlak mulia.

1.       Dapat menerangkan dan menjelaskan arti pembentukan akhlak mulia.
2.       Dapat menyimpulkan arti dan faktor-faktor pembentukan akhlak mulia.
14
XIV
Mengetahui dan memahami tentang akhlak dalam keluarga.
Akhlak dalam keluarga
1.       Dapat menerangkan dan menjelaskan tentang akhlak dalam keluarga.
2.       Dapat menyimpulkan arti dan urgensi akhlak dalam keluarga
15
XV
Mengetahui dan memahami tentang akhlak sosial dalam kehidupan kemasyarakatan.
Akhlak sosial
1.       Dapat menerangkan dan menjelaskan tentang aklak sosial.
2.       Dapat menyimpulkan mendeskripsikan tentang akhlak sosial.
16
XVI

FINAL TEST




Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua
Terima kasih dan mohon maaf. Minta rela.

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Huruf Dalam Ilmu Nahwu

Kosakata Min Yaumiyatil Usrah dan Struktur Kalimat Fiil Mudhari

Struktur Kalimat Mubtada Isim Dhamir dan Khabar Mufrad