Silabus Pendidikan Aqidah Dan Akhlak
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
وَبَرَكَاتُهُ
No
|
PERTEMUAN
KE
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL PERKULIAHAN
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
1
|
I
|
Mahasiswa memahami tujuan dan
kompetensi dari perkulaiahan, ruang lingkup materi, pendekatan, dan
tugas-tugas perkuliahan
|
Pendahuluan (pengantar
perkuliahan)
|
1.
Memahami tujuan perkuliahan
2.
Memahami kometensi-kompetensi
yang diharapkan dalam erkuliahan.
3.
Memahami lingkup / skop materi
perkuliahan.
4.
Memahami pendekatan-pendekatan
yang digunakan dalam pendidikan aqidah.
5.
Memahami tugas-tugas perkuliahan.
|
|
2
|
II
|
Mahasiswa memahami pengertian pendidikan
aqidah dan manfaat mempelajarinya.
|
1.
Pengertian pendidikan aqidah dan
manfaat mempelajarinya.
2.
Aqidah tauhid merupakan philosophy
of life
|
1.
Memahami pengertian pendidikan
aqidah secara benar dan tepat.
2.
Memahami urgensi aqidah sebagai
prinsip dalam kehidupan.
3.
Memahami berbagai manfaat
mempelajari aqidah.
|
|
3
|
III
|
Mahasiswa memahami pendidikan
(eksistensi dan essensi) aqidah tauhid dalam pembinaan kepribadian.
|
Eksistensi dan hakiki aqidah tauhid.
|
1.
Memahami
perlunya pembinaan jati diri dalam kehidupan yang didasarkan pada aqidah.
2.
Memahami
aqidah tauhid merupakan jati diri (fitrah) manusia sendiri yang perlu
dikembangkan.
3.
Memahami
aqidah tauhid sebagai waslat agama Allah yang dapat membawa manusia kepada
kebahagiaan lahir bathin dari dunia sampai akhirat.
|
|
4
|
IV
|
Mahasiswa memahami keterkaitan
antara aqidah, syari’at, dan akhlak.
|
Hubungan antara
aqidah, syari’at dan akhlak.
|
1.
Memahami hubungan yang tak
terpisahkan antara aqidah, syari’at dan akhlak sebagai tiga sendi ajaran
Islam.
2.
Memahami dengan sadar untuk
mengamalkan ketiga sendi ajaran Islam tersebut.
3.
Memahami dalil-dalil aqli dan
naqli tentang ketiga sendi ajaran Islam tersebut.
|
|
5
|
V
|
Mahasiswa memahami fungsi wahyu
dan akal dalam permasalahan aqidah.
|
Fungsi wahyu dan
akal dalam memahami aqidah.
|
1.
Memahami fungsi wahyu dan
kemampuan akal untuk menetapkan / menemukan kebenaran aqidah.
2.
Mampu memahami mengembangkan
kebenaran yang bersumber dari wahyu dan akal dalam membina kehidupan pribadi
dan kehidupan masyarakat.
|
|
6
|
VI
|
Mahasiswa memahami tentang
permasalahan iman, kufur, syirik, dan murtad.
|
Permasalahan Iman, kufur, nifaq, syirik, dan murtad.
|
1.
Memahami
pengertian iman dan dalil-dalil aqli dan naqli tentang rukun Iman serta
perlunya untuk mengembangkannya dalam kehidupan kepribadian dan
kemasyarakatan.
2.
Memahami
pengertian kufur, nifaq, syirik, dan murtad dan membuang jauhjauh dari
kehidupan kepribadian dan kehidupan masyarakat.
3.
Memahami
asumsi-asumsi dasar perlunya pengembangan iman dan menyingkirkan sifat-sifat
negatif (kufur, nifaq, syuirik, dan murtad) dalam kehidupan pribadi dan
masyarakat.
|
|
7
|
VII
|
-
|
MIDDLE TEST
|
-
|
|
8
|
VIII
|
Mengetahui dan memahami sejarah
akhlak, baik dalam persfektif agama Islam maupun di luar agama Islam
|
Sejarah perkembangan ilmu akhlak.
|
1. Dapat
menerangkan sejarah akhlak dari agama Islam dan di luar agama Islam.
2. Dapat
menunjukkan karakteristik akhlak pada agama Islam dan di luar agama Islam.
|
|
9
|
IX
|
Mengetahui dan memahami konsep
dasar tentang etika, moral, dan susila.
|
Etika, moral dan susila.
|
1.
Dapat mendefinisikan pengertian etika,
moral dan susila.
2. Dapat
mengidentifikasikan karakteristik dari etika, moral dan susila.
3. Dapat membedakan pengertian tersebut.
|
|
10
|
X
|
Mengetahui dan memahami berbagai
konsep dasar tentang kebebasan tanggung jawab dan hati nurani.
|
Kebebasan, tanggung jawab dan hati nurani.
|
1. Dapat
mengkorelasikan antara kebebasan,
tanggung jawab dan hati nurani.
2. Dapat memberikan argumen dan contoh ketiga konsep tersebut dalam kehidupan.
|
|
11
|
XI
|
Mengetahui dan memahami konsep
dasar tentang hak, kewajiban dan keadilan.
|
Hak,
kewajiban dan keadilan.
|
1. Dapat
mendefinisikan pengertian hak, kewajiban dan keadilan.
2. Dapat
membedakan ketiga konsep tersebut.
3. Dapat memberikan
contoh konsep tersebut dalam kehidupan.
|
|
12
|
XII
|
Mengetahui dan memahami arti,
ruang lingkup dan induk akhlak Islami serta Mengetahui dan memahami mengenai
kedudukan akhlak seorang muslim.
|
Akhlak
Islami dan Akhlak Muslim
|
1. Dapat
memberikan penjelasan tentang arti dan ruang lingkup akhlak Islami.
2. Dapat
menyimpulkan materi yang disajikan dengan bahasa sederhana.
3. Dapat
menerangkan dan menjelaskan arti dan kedudukan akhlak seorang muslim.
4. Dapat
menyimpulkan arti dan kedudukan akhlak seorang muslim.
|
|
13
|
XIII
|
Mengetahui dan memahami konsep
dasar tentang pembentukan akhlak yang terpuji / mulia.
|
Pembentukan
akhlak mulia.
|
1. Dapat
menerangkan dan menjelaskan arti pembentukan akhlak mulia.
2. Dapat
menyimpulkan arti dan faktor-faktor pembentukan akhlak mulia.
|
|
14
|
XIV
|
Mengetahui
dan memahami tentang akhlak dalam keluarga.
|
Akhlak dalam keluarga
|
1. Dapat
menerangkan dan menjelaskan tentang akhlak dalam keluarga.
2. Dapat
menyimpulkan arti dan urgensi akhlak dalam keluarga
|
|
15
|
XV
|
Mengetahui
dan memahami tentang akhlak sosial dalam kehidupan kemasyarakatan.
|
Akhlak sosial
|
1. Dapat
menerangkan dan menjelaskan tentang aklak sosial.
2. Dapat
menyimpulkan mendeskripsikan tentang akhlak sosial.
|
|
16
|
XVI
|
FINAL TEST
|
Semoga bermanfaat
dan menambah wawasan kita semua
Terima kasih dan
mohon maaf. Minta rela.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
وَبَرَكَاتُهُ
Komentar
Posting Komentar