Silabus Strategi Pembelajaran PAI
Silabus Strategi Pembelajaran PAI
السَّلاَمُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
No.
|
Pertemuan Ke
|
Tujuan Pembelajaran
|
Materi Perkuliahan
|
Bentuk
Perkuliahan
|
Jenis Penilaian
(indikator)
|
Referensi
|
|
Metode/Media/sumber
belajar
|
Aktivitas Mahasiswa
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
Petemuan ke 1
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
memahami konsep
Kurikulum
2013 yang menekankan pada dimensi pedagogik modern
dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan
scientific
|
Konsep Pendekatan
Scientific dalam
pembelajaran PAI meliputi mengamati,
menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
untuk semua mata pelajaran
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja.
|
Mempelajari konsep
Pendekatan scientific dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati,
menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk
semua mata pelajaran
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil kajian tentang konsep Pendekatan scientific
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
2.
|
Petemuan ke 2
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
menguraikan konsep Strategi dan Model Pembelajaran PAI,
SD, SMP, SMA/SMK
sesuai dengan pendekatan Pendidikan
Karakter
|
Memahami
Strategi dan
Model-model pembelajaran PAI melalui Pendidikan Karakter
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Mempelajari konsep
Strategi dan Model- model pembelajaran PAI melalui
Pendidikan Karakter
|
Fortofolio dengan
menunjukkan konsep Model pembelajaran PAI melalui
Pendidikan Karakter
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
3.
|
Petemuan ke 3
|
Menerapkan model
pembelajaran, tematik, kooperatif, kontekstual dan pembelajaran aktif
|
Merancang model
pembelajaran, tematik, kooperatif, kontekstual dan pembelajaran aktif
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek mengisi
format
perancangan model pembelajaran, tematik, kooperatif, kontekstual dan pembelajaran aktif
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil perancangan model pembelajaran, tematik, kooperatif, kontekstual dan pembelajaran aktif
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI,
|
2011
|
||||||||
4.
|
Petemuan ke 4
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
menjelaskan konsep strategi pembelajaran peneladanan
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Fortofolio
menunjukkan pembelajaran peneladanan pembelajaran pengamalan Islam
|
dengan
hasil melalui Agama
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
5
|
Petemuan ke 5
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
menjelaskan konsep strategi pembelajaran Pembiasaan
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Fortofolio
menunjukkan pembelajaran Pembiasaan pembelajaran pengamalan Islam
|
dengan
hasil melalui Agama
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
6.
|
Pertemuan ke
6
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
menjelaskan konsep strategi pembelajaran Pemotivasian
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Pemotivasian melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Pemotivasian melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam
|
Fortofolio
menunjukkan pembelajaran Pembiasaan pembelajaran pengamalan Islam
|
dengan
hasil melalui Agama
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
7.
|
Pertemuan ke
7
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
menjelaskan konsep
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Penegakan Aturan melalui pembelajaran
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Penegakan Aturan melalui pembelajaran pengamalan Agama
|
Fortofolio
menunjukkan pembelajaran Penegakan
|
dengan
hasil
Aturan
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat
|
strategi pembelajaran
Penegakan Aturan
|
pengamalan Agama
Islam
|
Islam
|
melalui pembelajaran
pengamalan Agama Islam
|
Pendidikan
Agama Islam pada
Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
|||
8.
|
Pertemuan ke
8
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran peneladanan
|
Merancang Model
strategi pembelajaran peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam,
berwudlu,
sholat, tadarus,
dzikir dan do’a
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Penegakan Aturan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil pembelajaran peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat,
tadarus,
dzikir dan do’a
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
9.
|
Pertemuan 9
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran Pembiasaan
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus,
dzikir dan do’a
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu,
sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil pembelajaran Pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus,
dzikir dan do’a
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
10.
|
Pertemuan ke
10
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran Pemotivasian
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Pemotivasian melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam,
berwudlu,
sholat, tadarus,
dzikir dan do’a
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Pemotivasian melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam,
berwudlu, sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil pembelajaran Pemotivasian melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu,
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
|
sholat, tadarus,
dzikir
dan do’a
|
Dirjen Pendis
Kemenag RI, 2011
|
|||||||
11.
|
Pertemuan
11
|
ke
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran Penegakan aturan
|
Merancang Model
strategi pembelajaran Penegakan aturan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Praktek pembelajaran
Penegakan aturan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Fortofolio dengan
menunjukkan hasil pembelajaran Penegakan aturan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat,
tadarus,
dzikir dan do’a
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag RI, 2011
|
12
|
Pertemuan
12
|
ke
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran peneladanan melalui pengamalan berwudlu, Sholat.
|
Melaksanakan
Peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat.
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Diskusi pembelajaran
Peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat.
|
Hasil Diskusi
Peneladanan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat.
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag
|
13
|
Pertemuan
13
|
ke
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu mempraktekan strategi pembelajaran pembiasaan melalui pengamalan berwudlu, Sholat dan tadarus.
|
Melaksanakan
pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu,
sholat dan tadarus.
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk kerja
|
Diskusi pembelajaran
pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat.
|
Hasil Diskusi
pembiasaan melalui pembelajaran pengamalan Agama Islam, berwudlu, sholat, tadarus,
dzikir dan do’a
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag
|
14
|
Pertemuan
14
|
ke
|
Setelah mengiukuti
pembelajaran ini, mahasiswa mampu
|
Melaksanakan
Pemotivasian melalui pembelajaran
|
Simulasi, latihan,
praktek kerja,
/Laptop/diskusi/unjuk
|
Diskusi pembelajaran
Pemotivasian melalui pembelajaran
|
Hasil Diskusi
Pemotivasian melalui pembelajaran
|
Strategi dan
Model-model PAIKEM,
|
mempraktekan strategi
pembelajaran Pemotivasian melalui pengamalan berwudlu, Sholat, dzikir dan do’a.
|
pengamalan Agama
Islam, berwudlu, sholat,
dzikir dan do’a.
|
kerja
|
pengamalan Agama
Islam, berwudlu, sholat.
|
pengamalan Agama
Islam, berwudlu, sholat, tadarus, dzikir dan do’a
|
Direktorat
Pendidikan Agama Islam pada Sekolah,
Dirjen Pendis Kemenag
|
Semoga bermanfaat
dan menambah wawasan kita semua
Terima kasih dan
mohon maaf. Minta rela.
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
وَبَرَكَاتُهُ
baca juga:Konsep Pendekatan scientific
Komentar
Posting Komentar